logo
  • Juli 3, 2018
  • Berita
  • Komentar Dinonaktifkan pada Luncurkan “PANTES”, Layanan Masyarakat Desa Bajing Kroya Beres dalam 5 Menit

Luncurkan “PANTES”, Layanan Masyarakat Desa Bajing Kroya Beres dalam 5 Menit

CILACAP – Desa Bajing Kecamatan Kroya berkesempatan menjadi desa pertama di Kabupaten Cilacap yang meluncurkan Pelayanan Administrasi Terpadu Desa (PANTES). PANTES merupakan sistem manajemen pelayanan yang cepat, tepat, akuntabel, dan hasilnya dapat dipertanggungjawabkan.

Peluncuran PANTES dilakukan secara simbolis oleh Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji di Balai Desa setempat, Selasa (3/7/2018). Penerapan pelayanan administrasi terpadu desa, menurut Tatto dilakukan karena desa diharapkan menjadi akselerator peningkatan pelayanan publik.

“Posisi desa sangat penting karena menjadi ujung tombak pelayanan publik. Sehingga diharapkan terus berinovasi dalam meningkatkan layanan publik”, kata Tatto.

Agar penerapannya optimal, dalam pelaksanaannya PANTES masih memerlukan penambahan item, perbaikan, dan penyempurnaan. Serta monitoring dan evaluasi dengan pertimbangan kualitas dan kemudahan pelayanan sebagai acuan utama.

“Lakukan juga survey kepuasan masyarakat atas kinerja pelayanan sebagai bahan penyempurnaan”, tambahnya.

Camat Kroya, Muhamad Najib dalam sambutannya mengungkapkan, penerapan PANTES di Desa Bajing merupakan proses panjang setelah Pemkab Cilacap melakukan studi banding ke Mall Pelayanan Publik (MPP) Kota Batam. Selain mempermudah masyarakat, MPP juga bisa menjawab kebutuhan investor sehingga Batam memiliki daya tarik investasi.

Acara tersebut turut dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Cilacap, Ny. Tetty Rohatiningsih, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPT-SP) Kabupaten Cilacap Budi Santosa, Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Cilacap M. Wijaya, dan Forkopimcam setempat.

Peluncuran PANTES ditandai dengan penandatanganan prasasti, penyerahan Buku Pintar PATEN – PANTES dari Bupati kepada Kepala Desa Bajing, Ormat SE, dan pengguntingan pita. Selanjutnya Bupati bersama Forkopimcam meninjau ruang pelayanan PANTES.(dony/kominfo)

Foto : Bupati Cilacap Tatto S. Pamuji (kiri) menyerahkan Buku Pintar PATEN – PANTES kepada Kades Bajing, Ormat SE


Powered by Kominfo Cilacap 2017
%d blogger menyukai ini: