logo
  • Juli 2, 2018
  • Berita
  • Komentar Dinonaktifkan pada Dinas Pertanian Intensifkan Pendampingan Petani

Dinas Pertanian Intensifkan Pendampingan Petani

CILACAP – Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap berupaya mengintensifkan pendampingan terhadap para petani. Langkah ini ditempuh untuk memastikan agar petani tidak mengalami kendala saat musim tanam, baik saat kemarau maupun penghujan.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap, Gunawan mengatakan, pendampingan sangat diperlukan petani, terutama saat menghadapi serangan hama, kekurangan pasokan air, dan hal lain yang bersifat teknis. Sehingga penanggulangan dapat dilakukan sejak dini dan tanaman tetap tumbuh optimal.

“Untuk mengatasi persoalan hama, kami telah meningkatkan koordinasi dengan petani melalui petugas lapangan. Sehingga saat terjadi serangan, penanganan dapat dilakukan lebih awal”, kata Gunawan.

Sedangkan untuk persoalan teknis, seperti pemenuhan pasokan air saat kemarau, Dinas Pertanian telah memberikan bantuan berupa pompa air yang dikelola kelompok tani, dan pembuatan sumur pantek. Dengan demikian, berbagai persoalan pertanian dapat dituntaskan untuk menunjang produktivitas yang maksimal.

“Sampai sekarang Cilacap masih menjadi lumbung pangan di Jawa Tengah. Produksi tiap tahun rata rata mencapai 800.000 ton”, pungkasnya.(dony/kominfo)

Foto : Ilustrasi


Powered by Kominfo Cilacap 2017
%d blogger menyukai ini: