logo
  • Juni 28, 2018
  • Berita
  • Komentar Dinonaktifkan pada Pasar Kawasan Desa Layansari Diresmikan

Pasar Kawasan Desa Layansari Diresmikan

CILACAP – Direktur Pembangunan Ekonomi Kawasan Perdesaan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Luthfi Latief, meresmikan Pasar Kawasan Perdesaan di Desa Layansari Kecamatan Gandrungmangu Cilacap, Kamis (28/6/2018).

Acara tersebut dihadiri Wakil Bupati Cilacap Syamsul Aulia Rachman, Sekda Farid Ma’ruf, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Cilacap Achmad Arifin Santosa, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Cilacap Tetty Rohatiningsih, serta sejumlah pejabat.

“Cilacap punya luas wilayah, jumlah penduduk, dan potensi ekonomi yang cukup besar. Kami berharap potensi ini bisa dikembangkan dengan melibatkan BUMDes atau BUMADes yang ada”, kata Luthfy.

Dijelaskan, Kabupaten Cilacap masuk dalam program Rencana Pembangunan Kawasan Perdesaan (RPKP) Kementerian Desa PDTT. Sehingga mendapat prioritas pembangunan Pasar Kawasan Perdesaan untuk mengembangkan potensi ekonomi dalam meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat.

“Pada tahun anggaran 2017, Pasar Kawasan Perdesaan yang kami bangun dari Aceh sampai Papua jumlahnya terbatas. Cilacap terpilih karena potensinya sangat baik untuk dikembangkan”, tambahnya.

Sebelumnya Kementerian Desa PDTT telah membangun Pasar Kawasan Perdesaan di Desa Widarapayung Wetan Kecamatan Binangun, Cilacap. Luthfy berharap bantuan prasarana ini dapat dimanfaatkan masyarakat sebaik baiknya.

Wakil Bupati Cilacap Syamsul Aulia Rachman dalam sambutannya meminta segenap pengurus dan anggota BUMDes agar mengemban amanah ini dengan baik. Keberadaan pasar ini diharapkan mendorong terwujudnya kawasan perdesaan yang produktif dan berdaya saing tinggi di bidang ekonomi.

“Bantuan ini hendaknya tidak menjadi akhir, tapi menjadi pembuka bantuan – bantuan lainnya mengingat 90 % wilayah di Kabupaten Cilacap merupakan kawasan perdesaan”, kata Syamsul.

Usai diresmikan, pasar tersebut selanjutnya akan dihibahkan kepada Badan Usaha Bersama Desa (BUMADes) “Manunggaling Karya Satria” selaku pengelola. BUMADes ini merupakan gabungan BUMDes pada 3 desa, yakni Layansari, Gandrungmanis, dan Sidaurip.

Pasar Kawasan Perdesaan ini dibangun di atas tanah seluas 2 hektar milik pemerintah Desa Layansari. Lokasinya berada di JLSS Gandrungmanis – Cisumur yang cukup strategis sebagai pusat pengembangan perekonomian, sekaligus ajang promosi produk unggulan desa di sekitarnya.(dony/kominfo)

Foto : Direktur Pembangunan Ekonomi Kawasan Perdesaan Kementerian Desa PDTT, Luthfi Latief menandatangani prasasti peresmian Pasar Kawasan Perdesaan Desa Layansari Gandungmangu, Cilacap


Powered by Kominfo Cilacap 2017
%d blogger menyukai ini: