BBWS Serayu Opak Akan Lakukan Pemeliharaan Irigasi di Cilacap

CILACAP – Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Serayu Opak akan melaksanaan pemeliharaan jaringan irigasi di Kabupaten Cilacap. Plt. Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Kabupaten Cilacap, Saeful Hidayat menjelaskan, BBWS Serayu Opak telah berkoordinasi dengan Pemkab Cilacap.

“BBWS Serayu Opak akan melakukan pemeliharaan berupa pengerukan lumpur sedimentasi di sepanjang saluran irigasi”, kata Saeful.

Pelaksanaannya dimulai 15 Juli sampai 15 September 2018. Seluruh jaringan irigasi yang ada di wilayah perkotaan dan Cilacap bagian timur akan dikeringkan. Kegiatan ini dipastikan tidak menganggu pertanian. Sebab saat dimulai, tanaman padi sudah cukup tua dan tidak membutuhkan banyak air.

“Kami telah mensosialisasikan hal ini kepada petani sebelum musim tanam agar petani mengetahui pelaksanaan kegiatan sejak awal sehingga menanam padi tepat waktu”, tambahnya.
Dijelaskan, dana proyek ini bersumber dari APBN yang dialokasikan untuk BBWS Serayu Opak. Sedangkan koordinasi dengan Pemkab Cilacap dan Dinas PSDA dilakukan karena jaringan irigasi yang menjadi sasaran kegiatan ada di wilayah Cilacap.

Pemeliharaan jaringan irigasi di seluruh wilayah kerja BBWS Serayu Opak, lanjut Saeful merupakan program multiyears. Pelaksanaannya dilakukan setiap tahun hingga 2020. Optimalisasi irigasi dilakukan untuk mewujudkan irigasi yang efektif dan efisien, dalam mendukung kemandirian pangan.(dony/kominfo)

Open chat
1
Lapor Bupati Cilacap..... !
silahkan sampaikan keluhan anda !
seputar Infrastruktur dan
Layanan Masyarakat
Powered by
%d blogger menyukai ini: