logo

Pemkab Cilacap Susun RAD TPB/SDG’s 2018 – 2023

CILACAP – Pemerintah Kabupaten Cilacap tengah menyusun Rencana Aksi Daerah (RAD) Tujuan Pembangunan Perkelanjutan (TPB) atau secara global dikenal dengan istilah Sustainable Development Goal’s. Laporan pendahuluan disampaikan di Aula Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Cilacap, Selasa (5/6/2018).

Acara dibuka oleh Kepala Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Bappelitbangda Cilacap, Pawana, dengan narasumber Konsultan dari PT. Indonesian Consultant for Development and Empowerment, Yuni Dwi Purwani. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD) jajaran Pemkab Cilacap.

Pawana menjelaskan, Pemerintah RI berkomitmen melaksanakan TPB/SDG’s dengan menerbitkan Perpres Nomor 59 Tahun 2017, tentang Pelaksanaan Pencapaian TPB. Adapun penyusunan RAD TPB/SDG’s di Kabupaten Cilacap merupakan dokumen kerja lima tahunan, untuk pelaksanaan berbagai kegiatan yanng secara langsung maupun tidak langsung mendukung target provinsi dan nasional.

“Maksud penyusunan TPB/SDG’s adalah memberikan gambaran dan informasi mengenai rencana aksi daerah (RAD) dalam mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan untuk perencanaan selama lima tahun”, kata Pawana.

Konsultan dari PT. Indonesian Consultant for Development and Empowerment, Yuni Dwi Purwani menjelaskan, penyusunan dokumen ini bermanfaat untuk menggambarkan kondisi umum TPB/SDG’s di Kabupaten Cilacap, memberikan informasi mengenai tujuan dan target pada 2023, serta memberikan informasi program dan indikator kegiatan untuk mendukung tercapainya target TPB/SDG’s.

“Ada 17 sasaran, dengan 169 target dan 241 indikator. Antara lain mengentaskan segala bentuk kemiskinan, mencapai ketahanan pangan, menjamin kehidupan yang sehat dan meningkatkan kesejahteraan, serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi inklusif”, kata Yuni.

Dalam hal ini Pemerintah Daerah memiliki peran strategis dalam pelaksanaan TPB di Indonesia, karena pelaksanaan pembangunan yang dilaksanakan lebih dekat dengan warga dan memiliki wewenang juga dalam hal pendanaan. Pemerintah Daerah diharapkan dapat melakukan berbagai inovasi sebagai ujung tombak penyedia layanan publik maupun kebijakan dan program pemerintah yang partisipatif.(dony/kominfo)


Powered by Kominfo Cilacap 2017
%d blogger menyukai ini: