Bupati Pimpin Upacara Hari Kelahiran Pancasila

CILACAP – Hari Kelahiran Pancasila tingkat Kabupaten Cilacap diperingati melalui Upacara Bendera di Halaman Pendopo Wijayakusuma, Jumat (1/6/2018). Upacara dipimpin Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, diikuti ASN jajaran Pemkab Cilacap. Nampak hadir Wakil Bupati Syamsul Aulia Rachman, Sekda Farid Ma’ruf, kepala OPD, dan sejumlah tamu undangan.

Presiden RI Joko Widodo dalam sambutan yang dibacakan Tatto mengatakan, tak lama lagi Indonesia akan genap berusia 73 tahun. Selama itu pula Pancasila telah menjadi bintang pemandu Indonesia. Dalam perjalanannya, Pancasila mengalami berbagai benturan dengan sejumlah ideologi yang berusaha menggesernya. Namun hingga saat ini Pancasila masih menjadi bingkai kebhinekaan di Indonesia.

“Insya Allah sampai akhir zaman, Pancasila akan terus mengalir dalam denyut nadi bangsa Indonesia”, kata Tatto saat membacakan sambutan Presiden.

Disebutkan, Pancasila merupakan berkah bagi rakyat Indonesia. Oleh karena itu masyarakat harus bersatu memperkokoh semangat Bhinneka Tunggal Ika. Semangat gotong royong yang menjadi warisan luhur budaya, harus dilestarikan untuk mencapai keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Dengan modal tersebut, diyakini Indonesia akan mampu bersaing untuk memenangkan kompetisi global.

Dalam sambutannya, Presiden juga menguraikan bahwa masyarakat di seluruh negara-negara dunia akan terus berproses menjadi masyarakat majemuk. Pada saat saat ini, kemajemukan seringkali dibayang bayangi risiko intoleransi, ketidakbersamaan, dan disintegrasi. Sehingga ini menjadi momentum bagi Indonesia untuk berbagai pengalaman dalam toleransi dan ber-Bhinneka Tunggal Ika.(dony/kominfo)

Foto : Bupati Cilacap Tatto S. Pamuji membacakan sambutan Presiden RI Joko Widodo dalam peringatan Hari Kelahiran Pancasila (dok. Humas Setda Cilacap)

Open chat
1
Lapor Bupati Cilacap..... !
silahkan sampaikan keluhan anda !
seputar Infrastruktur dan
Layanan Masyarakat
Powered by
%d blogger menyukai ini: