logo
  • Mei 28, 2018
  • Berita, Pemerintahan
  • Komentar Dinonaktifkan pada Cilacap Wakili Asia Pasifik dalam Penilaian Tangguh Bencana

Cilacap Wakili Asia Pasifik dalam Penilaian Tangguh Bencana

CILACAP – Kabupaten Cilacap menjadi satu satunya kabupaten/kota di kawasan Asia Pasifik yang akan dinilai sebagai Kota Tangguh Bencana. Pernyataan tersebut disampaikan oleh pimpinan delegasi United Nations Office for Disaster Risk Reduction (UNISDR), Tejas Patnaik, saat beraudiensi dengan Wakil Bupati Cilacap Syamsul Aulia Rachman di ruang kerjanya, Senin (28/5/2018).

“Salah satu faktor utamanya yakni kajian risiko Cilacap sebagai wilayah rawan bencana, dan kesiapan aparat pemerintah dalam upaya pengurangan risiko bencana”, ungkapnya.

Tejas menerangkan, kegiatan ini didukung oleh Uni Eropa. UNISDR juga akan mendukung pengembangan secara subtansi dan teknis seiring kebijakan daerah. Dengan dukungan tersebut, Cilacap berkesempatan mendapat  sponsor atau investor untuk pengembangan Kota Tangguh Bencana.

Wakil Bupati Syamsul Aulia Rachman menyampaikan terimakasih atas apresiasi UNISDR, yang memberi kesempatan bagi Kabupaten Cilacap mengikuti penilaian tersebut. Dijelaskan, dalam index penanganan risiko bencana, Cilacap menempati peringkat I tingkat Provinsi Jawa Tengah. Hal ini sejalan dengan cita cita Pemkab Cilacap dalam mengembangkan Cilacap to be Singapore of Java.

“Ini akan menjadi salah satu daya tarik investor, yakni keamanan dari ancaman bencana. Sehingga perlu ada link system EWS dengan kawasan industri yang ada di Cilacap”, kata Syamsul.

Pertemuan ini sekaligus undangan bagi Pemkab Cilacap pada kegiatan Asia Ministrial Conference on Disaster Risk Reduction (AMCDRR) tanggal 3 – 6 Juli 2018 di Mongolia. Dalam forum setingkat Menteri yang akan dihadiri 20 perwakilan negara kawasan Asia Pasifik, Kabupaten Cilacap berkesempatan memaparkan kebijakan dan SOP penanggulangan risiko bencana yang diberlakukan.(dony/kominfo)

Foto : Wakil Bupati Cilacap Syamsul Aulia Rachman bersama pimpinan delegasi UNISDR, Tejas Patnaik (kiri) berfoto bersama usai audiensi terkait rencana penilaian Cilacap sebagai Kota Tangguh Bencana (Istimewa)


Powered by Kominfo Cilacap 2017
1
Selamat Datang
Ada yang bisa Kami Bantu....!
Powered by
%d blogger menyukai ini: