logo
  • Mei 25, 2018
  • Berita, Perekonomian
  • Komentar Dinonaktifkan pada Pemkab Cilacap Launching Kartu Keluarga Sejahtera BPNT

Pemkab Cilacap Launching Kartu Keluarga Sejahtera BPNT

CILACAP – Pemerintah Kabupaten Cilacap melalui Dinas Sosial meluncurkan penggunaan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Peluncuran dilakukan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Cilacap, Wasi Ariyadi, mewakili Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji.

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Purwokerto Agus Chusaini, Area Head Bank Mandiri Purwokerto Ony Suryono Widodo, Pimpinan Ponpes Darul Muttaqim KH. Imam Mudaris, para Camat, pendamping Program Keluarga Harapan (PKH).

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Cilacap, Uong Suparno dalam laporannya menyampaikan, Cilacap merupakan satu satunya kabupaten yang mendapat perluasan BPNT di Provinsi Jawa Tengah. Ada 141.764 keluarga penerima manfaat (KPM) BPNT.

“Kami sudah siapkan sekitar 574 agen penyalur BPNT. Satu agen kami targetkan melayani setidaknya 250 KPM,”, kata Uong.

KPw Bank Indonesia Purwokerto Agus Chusaini menjelask, dari total anggaran nasional program BPNT sebesar Rp 42 triliun, wilayah Cilacap dan banyumas mendapat alokasi sebesar Rp 186 miliar. Agar tidak terjadi penyimpangan, pihaknya meminta pendamping PKH untuk mengoptimalkan pengawasan.

“Untuk sementara komoditas BPNT baru beras dan telur. Kami minta diawasi betul agar tidak terjadi penyimpangan, misalnya dibelikan barang lain atau diuangkan”, kata Agus.

Mekanisme penyaluran BPNT menggunakan sistem Electronic Data Capture (EDC). Tiap KPM akan mendapat top up e-money sebesar Rp 110.000 untuk transaksi non tunai pada KKS. Saldo ini dapat dibelanjakan kebutuhan pokok di E – Warong tempatnya terdaftar.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Cilacap, Wasi Ariyadi saat membacakan sambutan Bupati Tatto Suwarto Pamuji menyampaikan selamat kepada KPM yang kini telah dapat memanfaatkan KKS. Untuk itu, bantuan ini selayaknya disyukuri dan dimanfaatkan sebaik-baiknya.

“Kami berharap agar KKS dimanfaatkan sebaik baiknya. Gunakan untuk memenuhi kebutuhan pangan, terutama beras dan telur. Jangan sampai disalahgunakan untuk kepentingan lainnya”, tegasnya.(dony/kominfo)

Foto : Asisten Pemerintahan dan Kesra Wasi Ariyadi melaunching Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)


Powered by Kominfo Cilacap 2017
1
Lapor Bupati Cilacap..... !
silahkan sampaikan keluhan anda !
seputar Infrastruktur dan
Layanan Masyarakat
Powered by
%d blogger menyukai ini: