logo
  • Mei 24, 2018
  • Berita
  • Komentar Dinonaktifkan pada Bupati Dorong Pengembangan Aplikasi Online Pembayaran Zakat

Bupati Dorong Pengembangan Aplikasi Online Pembayaran Zakat

CILACAP – Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji mendorong Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Cilacap bersama mitranya untuk mengembangkan aplikasi layanan pembayaran zakat berbasis online. Hal tersebut disampaikan Tatto dalam acara Layanan Pembayaran Zakat Serentak se – Indonesia melalui Baznas, di Pendopo Wijayakusuma Cilacap, Kamis (24/5/2018).

“Ini zaman now. Akan lebih baik lagi kalau ada aplikasi berbasis android atau semacamnya untuk memudahkan pembayaran zakat secara online”, kata Tatto.

Kemudahan ini, lanjut Tatto, diharapkan semakin meningkatkan kesadaran masyarakat. Pengembangan aplikasi yang dapat diakses melalui smartphone juga dapat mengoptimalkan kinerja Baznas Cilacap dalam mengelola zakat, terutama zakat profesi. Arahan ini sesuai dengan hadis Rasulullah SAW, yang menganalogikan tangan kiri tidak perlu mengetahui amalan yang dilakukan tangan kanan.

“Kemarin juga ada kabar baik bahwa Presiden telah menyetujui THR dan Gaji ke – 13 untuk ASN. Jangan lupa ini juga harus dizakati”, tambahnya

Wakil Ketua I Baznas Kabupaten Cilacap, Muchsin dalam laporannya menyampaikan, perolehan zakat, infak, dan sedekah (ZIS) melalui Baznas selama 2017 mencapai Rp 994.636.284 dengan pentasarufan sebesar Rp 837.294.637. Adapun per Mei 2018 perolehan ZIS sebesar Rp 920.282.620 dengan petasarufan hingga Ramadhan 1439 H mencapai Rp 888.868.767 atau 96,5 %.

“Jumlah muzaki perorangan sebanyak 1.315 orang. Sedangkan mustahik yang menerima pentasarufan sejak Januari 2018 hingga 18 Mei lalu sebanyak 2.683 orang perorangan, dan 36 mustahik kelompok”, jelasnya.

Untuk memperjelas teknis pembayaran zakat pada layanan ini, Baznas Kabupaten Cilacap bekerjasama dengan bank mitra. Antara lain Bank Jateng Cabang Cilacap khusus unuk layanan zakat OPD tingkat kabupaten. Sedangkan pembayaran zakat OPD tingkat kecamatan akan dilayani PD. BPR BKK di masing masing wilayah.

Acara tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Syamsul Aulia Rachman, Pimpinan OPD jajaran Pemkab Cilacap serta Direksi BUMD Kabupaten Cilacap. Dalam acara ini Bupati secara simbolis menyerahkan Nomor Pokok Wajib Zakat (NPWZ) pada perwakilan muzaki OPD. Selanjutntya  Bupati beserta jajarannya langsung melaksanakan pembayaran zakat kepada petugas Baznas Kabupaten Cilacap.(dony/kominfo)

Foto : Bupati Cilacap Tatto S. Pamuji menyerahkan NPWZ pada perwakilan muzaki dari OPD jajarannya.


Powered by Kominfo Cilacap 2017
%d blogger menyukai ini: