Bupati Terima Kunjungan Danlantamal V Surabaya

CILACAP – Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji menerima kunjungan kerja Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) V Surabaya, Laksamana Pertama Edwin, S.H. Rombongan diterima Bupati di Ruang Prasandha Pendopo Kabupaten Cilacap, Rabu (23/5/2018). Silaturahmi dihadiri Wakil Bupati Syamsul Aulia Rachman, Sekda Farid Ma’ruf, sejumlah pejabat Setda, serta kepala OPD terkait.

Secara umum, Tatto menyampaikan bahwa Cilacap merupakan kabupaten terluas di Provinsi Jawa Tengah. Dengan kondisi demografis dan budaya yang beragam, Cilacap memiliki banyak potensi dan kunggulan yang layak dikembangkan. Salah satu program yang kini terus diupayakan, yakni mengembangkan Cilacap to be Singapore of Java.

“Kita ada tanah sedimentasi seluas 32.000 hektar yang akan dikembangkan menjadi kawasan industri baru. Ketika saya sampaikan kepada Presiden RI di Istana Negara, ternyata beluai setuju”, kata Tatto.

Untuk mendukung program ini, lanjut Bupati, ada beberapa hal yang dilakukan. Pembenahan infrastruktur dilakukan dengan pembangunan Jalur Lintas Selatan (JLS) , yang ditarget selesai pada 2019. Selanjutnya, penguatan aksesibilitas wilayah juga akan didukung pembangunan jalan tol yang menghubungkan Cilacap – Tegal, Cilacap – Yogyakarta, dan Cilacap – Tasikmalaya.

“Selama ini pembangunan industri ada di utara Jawa. Maka saya sampaikan ke Presiden dan beliau sangat respon”, tambahnya.

Dukungan lainnya juga ditunjukan pemerintah pusat dengan dilaunchingnga Tol Laut Selatan di Kabupaten Cilacap. Selain itu pemerintah juga akan merevitalisasi Pelabuhan Tanjung Intan, untuk meningkatkan daya saing logistik Cilacap dan kawasan sekitarnya. Hal ini diperlukan untuk menarik minat investor, serta meningkatkan konektivitas wilayah.

Sementara itu Danlantamal V Surabaya, Laksamana Pertama Edwin, S.H menyampaikan, Cilacap memiliki peluang pengembangan lalu lintas laut yang menjanjikan. Selain itu kondisi geografis Cilacap dengan garis pantai yang panjang merupakan keunggulan tersendiri dalam pengembangan pengelolaan hasil laut. Kekayaan alam ini membutuhkan kerjasama berbagai pihak dalam pengelolaannya.

“Cilacap dengan kontur geografisnya yang hebat ini punya peluang pengembangan lalu lintas laut. Selain itu juga potensial untuk pengembangan hasil laut dengan komoditas ekonomis pada zona ekonomi eksklusif”, tandasnya.(dony/kominfo)

Foto : Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji (kiri) saat menerima kunjungan Danlantamal V Surabaya, Laksamana Pertama Edwin, S.H di ruang Prasandha komplek Sekretariat Daerah Cilacap (dok. Lanal Cilacap)

Open chat
1
Lapor Bupati Cilacap..... !
silahkan sampaikan keluhan anda !
seputar Infrastruktur dan
Layanan Masyarakat
Powered by
%d blogger menyukai ini: