logo

Dinas Pertanian Gelar Rakor Upsus Pajale

CILACAP – Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap bersama Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Magelang dan Kodim 0703/Cilacap menggelar Rapat Koordinasi Upaya Khusus Padi Jagung dan Kedelai (Upsus Pajale), Senin (21/5/2018). Kegiatan ini diselenggarakan di Whiz Hotel Sudirman Cilacap Jalan Jenderal Sudirman, untuk mendukung target Luas Tambah Tanam (LTT).

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap, Gunawan mengatakan, keberhasilan pertanian di Kabupaten Cilacap merupakan hasil kerja keras berbagai pihak. Antara lain Dinas Pertanian, TNI, Perguruan Tinggi, dan khususnya petani itu sendiri. Gunawan tetap optimistis, target masa tanam periode April – September 2018 ini dapat tercapai.

“Oleh karena itu Posko Percepatan LTT perlu dipertahankan keberadaannya pada lokasi-lokasi yang potensial dan bersentuhan langsung dengan aktivitas petani”, katanya.

Berdasarkan data yang ada, pada 19 April 2018 LTT padi seluas13.499 hektar. Luasan ini bertambah  menjadi 28.355 hektar pada 29 April 2018. Artinya ada peningkatan signifikan terhadap LTT dengan adanya Posko Percepatan LTT. Komandan Kodim 0703/Cilacap, Letkol Inf. Yudi Purwanto mengatakan, pendirian posko bertujuan mempermudah koordinasi aktivitas pertanian pihak-pihak terkait.

“Sehingga ada sinkronisasi kegiatan gerakan olah tanah dan pertanaman pada Dinas Pertanian, penanggung jawab Upsus Kabupaten/Kota, Kodim, Koramil, Kecamatan, Penyuluh, Babinsa, dan Gapoktan”, kata Dandim.

Kepastian peningkatan LTT tersebut, lanjut Dandim diperoleh setelah pihaknya bersama Dinas terkait  melaksanakan monitoring dan evaluasi untuk memaksimalkan fungsi Posko LTT untuk mencapai target. Monev dilaksanakan di wilayah Kecamatan Kesugihan dan Maos. Pada setiap lokasi , diadakan diskusi yang melibatkan masyarakat petani.

“Untuk mendukung LTT, penggunaan alat mesin pertanian (alsintan) perlu dimanfaatkan secara optimal. Demikian juga keterlibatan kaum muda untuk regenerasi pertanian”, pungkasnya.(dony/kominfo)


Powered by Kominfo Cilacap 2017
%d blogger menyukai ini: