logo
  • Mei 21, 2018
  • Berita, Pemerintahan
  • Komentar Dinonaktifkan pada Kemenkominfo Gelar Bimtek Urusan Pemerintahan

Kemenkominfo Gelar Bimtek Urusan Pemerintahan

YOGYAKARTA – Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) memiliki peran strategis dalam penyebarluasan informasi dan penyusunan kebijakan publik. Hal itu ditegaskan Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informartika, Rosarita Niken Widyastuti, Jumat (18/5/2018).

“Tidak hanya dalam penetapan kebijakan publik, bahkan sejak perencanaan dan perumusan, sehingga masyarakat memperoleh informasi yang komperhensif”, ujarnya.

Hal tersebut disampaikan Rosarita, saat memberikan sambutan pembukaan Bimbingan Teknis Pelaksanaan Urusan Pemerintahan Bidang Komunikasi dan Informatika, sub urusan Informasi dan Komunikasi Publik, di Auditorium RRI Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rosarita menjelaskan, hal ini sejalan dengan Undang Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Sehingga masyarakat berperan aktif, tidak hanya saat aturan hukum disahkan tetapi juga mengikuti prosesnya, termasuk memberi masukan saat pengambilan keputusan.

Sekda DIY, Gatot Saptadi yang hadir dalam acara tersebut dalam sambutannya mengungkapkan, sistem informasi kini telah berkembang ke arah milti media, multi channel, dan multi platform. Disadari atau tidak hal ini turut berdampak terhadap kerawanan informasi.

“Oleh karena itu kondisi tersebut harus diimnbangi oleh kemampuan dan kapasitas pengelolaannya”, kata Gatot.

Bimtek dihadiri oleh Kepala Diskominfo, pejabat dan staf PPID Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Maluku, Bali, Kalimantan, dan Nusa Tenggara. Materi yang disampaikan antara lain arah kebijakan pembangunan dan penganggaran daerah Bidang Kominfo tahun 2019.

Norma, Standar, Prosedur, dan Kriteria (NSPK) pelaksanaan bidang Kominfo sub urusan IKP, implementasi urusan pemerintahan bidang Kominfo sub urusan IKP di daerah, workshop pengelolaan konten informasi publik, serta workshop layanan hubungan media.(dony/kominfo)


Powered by Kominfo Cilacap 2017
1
Lapor Bupati Cilacap..... !
silahkan sampaikan keluhan anda !
seputar Infrastruktur dan
Layanan Masyarakat
Powered by
%d blogger menyukai ini: