logo
  • Mei 17, 2018
  • Berita
  • Komentar Dinonaktifkan pada Bantuan Pangan Non Tunai Segera Dilaunching di Cilacap

Bantuan Pangan Non Tunai Segera Dilaunching di Cilacap

CILACAP – Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) untuk penerima manfaat dari keluarga kurang mampu bakal disalurkan 25 Mei 2018. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Cilacap, Uong Suparno dalam Sosialisasi Penyaluran BPNT di Pendopo Kecamatan Jeruklegi, baru baru ini. Sebanyak 564 agen disiapkan untuk merealisasikan bantuan tersebut.

“Tiap agen nantinya akan melayani setidaknya 250 keluarga penerima manfaat (KPM). Launching perdana akan dilakukan pada 25 Mei mendatang”, kata Uong.

Berdasarkan data Dinas Sosial Kabupaten Cilacap, ada 141.764 KPM yang tersebar di tiap kecamatan. 57.407 keluarga di antaranya merupakan KPM melalui Program Keluarga Harapan (PKH). Sedangkan 84.357 KPM merupakan murni penerima BPNT. Uong berharap, kuota BPNT untuk KPM di Kabupaten Cilacap dapat terserap seluruhnya.

“Sebab apabila ada KPM yang tidak mengambil BPNT, maka dengan sendirinya bantuan tersebut akan dianggap batal atau hangus”, tambahnya.

First Assistant Presiden Bank Mandiri Area Purwokerto, Agus Setyo Margono menjelaskan, pihaknya telah melakukan Sosialisasi Penyaluran BPNT di empat distrik Kabupaten Cilacap, yakni Majenang, Sidareja, Kroya, dan Jeruklegi. Sejauh ini, sosialisasi yang dilakukan mendapat respon positif. Mekanisme penyaluran BPNT menggunakan sistem Electronic Data Capture (EDC).

“Tiap agen akan mendapat pasokan beras dan telur dari supplier yang terdaftar dengan penyelesaian waktu pembayaran sesuai kesepakatan antara agen dan supplier”, kata Agus.

Kepala Suplyer Perusahaan Perdagangan Indonesi (PPI) Witono menjelaskan, pihaknya bersama suplier lain siap menyalurkan beras dan telor sesuai kebutuhan agen. Keberhasilan penyaluran BPNT di Kabupaten Cilacap, tambah Witono memerlukan dukungan semua pihak, baik pemerintah daerah, perbankan, suplier, Agen dan Keluarga Penerima Manfaat itiu sendiri.

“Diharapkan Purchase Order (PO) atau surat pemesanan kepada suplier sudah dapat diterima sebelum 20 Mei 2018”, katanya.

Pada acara Sosialisasi ke 4 di Pendopo Kacamatan Jeruk legi, diserahkan papan Nama Toko Sembako Agen Bank mandiri kepada para agen Branchless Banking yang terdaftar. Sedangkan mesin EDC akan diserahkan saat Launching BPNT mendatang. Rencananya sampai H-5, KPM sudah mulai menerima Kartu dan terdaftar di tiap agen masing-masing.(dony/kominfo)


Powered by Kominfo Cilacap 2017
1
Selamat Datang
Ada yang bisa Kami Bantu....!
Powered by
%d blogger menyukai ini: