logo
  • April 30, 2018
  • Berita, Pembangunan
  • Komentar Dinonaktifkan pada TUKAR PENGALAMAN, DISKOMINFO CILACAP SAMBANGI KIM PEKALONGAN

TUKAR PENGALAMAN, DISKOMINFO CILACAP SAMBANGI KIM PEKALONGAN

PEKALONGAN – Guna meningkatkan kualitas dan kapabilitas Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Cilacap melakukan studi banding ke Kota Pekalongan, Senin (30/4/2018). Rombongan dari Cilacap dipimpin oleh Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Pengembangan Komunikasi Publik, Sukaryanto, mewakili Plt. Kepala Dinas, M. Wijaya.

Turut hadir perwakilan dari empat KIM dari Kabupaten Cilacap. Yakni  KIM Giriwangi Desa Cipari Kecamatan Cipari, KIM Bintang Wartasari Jambusari Kecamatan Jeruklegi, KIM Singkongsari Desa Pesanggrahan Kecamatan Kesugihan, dan KIM Budaya Bambu Sari Desa Banjarwaru Kecamatan Nusawungu.

Rombongan diterima Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik, Iskandar, Kepala Seksi Pengelolaan Pengaduan Masyarakat dan Layanan Informasi Publik, Nurul Indrawati, bersama Ketua KIM Kota Pekalongan Zaenal Muhibbin, di Kantor Sekretariat KIM Kota Pekalongan, Jalan Veteran Nomor 9 Pekalongan. Hadir pula perwakilan dari 33 KIM dari 47 kelurahan ddi wilayah Kota Pekalongan.

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Pengembangan Komunikasi Publik Diskominfo Cilacap, Sukaryanto mengatakan, KIM Kota Pekalongan, khususnya KIM Keraton Kidul sengaja dipilih sebagai rujukan pengembangan masyarakat informasi. Sebab KIM tersebut pernah meraih predikat sebagai KIM terbaik di Indonesia.

“Kami punya 4 KIM. Harapan kami tiap kecamatan punya KIM. Kunjungan ini diharapkan bermanfaat untuk menambah pengetahuan khususnya dalam hal pembinaan dan pengelolaan KIM di Kabupaten Cilacap”, kata Sukaryanto.

Kepala Seksi Pengelolaan Pengaduan Masyarakat dan Layanan Informasi Publik, Nurul Indrawati, mengatakan pihaknya menyambut baik kehadiran Diskominfo Kabupaten Cilacap beserta KIM binaannya. Selain sebagai ajang silaturahmi, pertemuan ini bermanfaat untuk sarana bertukar pengalaman dan berbagi informasi terkait pengelolaan KIM dan informasi yang beredar di masyarakat.

“Beberapa program kerja kami antara lain penyebarluasan informasi terkini dari Pemerintah Kota Pekalongan, serta promosi berbagai potensi unggulan di wilayah ini”, kata Nurul.

Ketua KIM Kota Pekalongan, Zaenal Muhibbin dalam paparannya menyampaikan, KIM tidak hanya berperan dalam penyebarluasan informasi kepada sesama anggota dan masyarakat luas. Tetapi juga menjadi wadah pemberdayaan masyarakat. Di dalamnya ada berbagai kegiatan seperti membuat kerajinan batik, pengajian, dan sebagainya.

“Penyebarluasan informasi memang menjadi salah satu tugas KIM. Tetapi kontennya tetap dipilah sesuai prioritas kebutuhan masyarakat. Misalnya seputar pendidikan, kesehatan, dan perekonomian”, ujarnya.(dony/kominfo)


Powered by Kominfo Cilacap 2017
1
Selamat Datang
Ada yang bisa Kami Bantu....!
Powered by
%d blogger menyukai ini: