50 PESERTA IKUTI TABLE TOP EXERCISE TSUNAMI

CILACAP – Sebanyak 50 orang dari unsur TNI, Polri, perwakilan OPD, dunia usaha, dan rellawan mengikuti kegiatan Table Top Exercise (TTX) Rencana Kontigensi (Renkon) Tsunami, Kamis (19/4/2018). Kegiatan dilaksanakan selama 2 hari hingga Jumat (20/4/2018), dihadiri Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Tengah, Sarwa Pramana.

“Kegiatan ini sangat penting untuk upaya penanggulangan risiko bencana (PRB) tsunami, yang dalam pelaksanaannya membutuhkan keterlibatan berbagai pihak”, kata Sarwa.

Dijelaskan, kegiatan ini untuk menguji kesiapan pemerintah daerah menghadapi ancaman tsunami dan menurunkan risiko bencana yang timbul. Di Cilacap sendiri ada 40 desa di 10 kecamatan dengan 93.832 KK yang rawan terdampak tsunami. Panitia menghadirkan narasumber Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Banjarnegara, Setyoajie Prayoedhie, Kalakhar BPBD Cilacap, Tri Komara dan Fasilitator Penanggulangan Bencana Provinsi Jawa Tengah.

TTX dilakasnakan dengan metode paparan dan diskusi, penyusunan dan pemantapan Renkon Tsunami, serta Gladi Ruang TTX dengan peragaan para pengambil kebijakan dalam pengendalian situasi. Lebih lanjut Sarwa berharap, momen Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) 26 April 2018 dimanfaatkan untuk meningkatkan kapasitas dengan melakukan evakuasi mandiri.(dony/kominfo)

Open chat
1
Lapor Bupati Cilacap..... !
silahkan sampaikan keluhan anda !
seputar Infrastruktur dan
Layanan Masyarakat
Powered by
%d blogger menyukai ini: