logo
  • April 11, 2018
  • Berita
  • Komentar Dinonaktifkan pada LIMA PRODUK INOVASI PELAJAR CILACAP IKUTI LOMBA KRENOVA JATENG

LIMA PRODUK INOVASI PELAJAR CILACAP IKUTI LOMBA KRENOVA JATENG

CILACAP – Lima produk hasil kreasi pelajar Cilacap siap bersaing dalam Lomba Kreasi Inovasi (KRENOVA) yang diselenggarakan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Jawa Tengah. Yakni Kerupuk Durjon ‘anti oksidan’ hasil kreasi siswa SMK YPE Cilacap, Kruk Paralon Ekonomis dan Ergonomis kreasi Mahasiswa UNUGHA Cilacap, dan Masker Anti Mata Minus kreasi siswa SMA Adipala Cilacap.

Kemudian Detegen Alami dari daun Binahong dan daun Sukun kreasi SMK Boedi Oetomo 2 Gandrungmangu, serta produk kosmetika berbahan dasar miyak hati ikan Cucut botol sebagai diversifikasi produk kelautan Cilacap. Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Bappelitbangda, Ir. Aris Sunarya, M.Si mengatakan, KRENOVA adalah bentuk apresiasi Gubernur Jawa Tengah kepada para inovator yang memajukan produk inovasi untuk masyarakat luas.

“Ajang KRENOVA tidak hanya sebatas penghargaan. Nantinya ada pendampingan bagi pemenang menuju Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT), melalui kolaborasi antar lembaga penelitian, inkubator, technopark dan Kabupaten/Kota di Jawa Tengah”, kata Aris.

Lebih rinci dijelaskan, kegiatan ini diselenggarakan untuk memacu kreativitas masyarakat dalam menciptakan, merekayasa alat/produk yang dapat bermanfaat. Sehingga memberikan kontribusi bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Peserta Lomba KRENOVA mendapatkan beberapa fasilitasi lanjutan. Seperti pelatihan HKI, hilirisasi teknologi, Business Technology Center (BTC), diseminasi dan penyertaan pameran, layanan inkubasi, serta fasilitasi dalam program PPBT dari Kemenristekdikti.

“Saat ini ajang KRENOVA telah memasuki tahap seleksi dan verivikasi oleh tim penilai KRENOVA Provinsi Jawa Tengah. Masyarakat Cilacap juga bisa mendukung inventor kita untuk menjadi juara favorit”, tambahnya.

Ada 9 katogori inovasi dalam Lomba KRENOVA 2018, yakni agribisnis dan pangan, kelautan dan perikanan, rekayasa teknologi dan manufaktur, energi, serta kesehatan, obat obatan, dan kosmetika. Kemudian kerajinan dan industri rumah tangga, kehutanan dan lingkungan hidup, pendidikan, serta sosial. Untuk mendukung inventor dari Kabupaten Cilacap, cukup klik tautan berikut, kemudian masukkan nama dan email pengguna, lalu cek  email konfirmasi di inbox/spam.(dony/kominfo)

http://krenova.bappeda.jatengprov.go.id/polling/detail/166       SMK YPE Cilacap

http://krenova.bappeda.jatengprov.go.id/polling/detail/167       UNUGHA Cilacap

http://krenova.bappeda.jatengprov.go.id/polling/detail/168       SMA Adipala Cilacap

http://krenova.bappeda.jatengprov.go.id/polling/detail/169       SMK Boedoet2 Gandrungmangu

http://krenova.bappeda.jatengprov.go.id/polling/detail/175       Stikes Al-Irsyad Cilacap


Powered by Kominfo Cilacap 2017
%d blogger menyukai ini: