logo
  • April 10, 2018
  • Berita
  • Komentar Dinonaktifkan pada DISKOMINFO CILACAP GELAR RAKOR PPID DAN PENGELOLA WEBSITE OPD

DISKOMINFO CILACAP GELAR RAKOR PPID DAN PENGELOLA WEBSITE OPD

CILACAP – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cilacap menggelar Rapat Koordinasi Pejabat Pengelola Informasi Daerah (PPID) untuk organisasi perangkat daerah (OPD) jajaran Pemkab Cilacap, Selasa (10/4/2018). Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Dinas Ketenagakerjaan dan Perindustrian Kabupaten Cilacap ini, bertujuan meningkatkan peran dan fungsi PPID dalam mengelola dan melayani kebutuhan informasi masyarakat, khususnya melalui website.

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Pengembangan Komunikasi Publik Diskominfo Cilacap, Sukaryanto mengungkapkan, beberapa waktu lalu Komisi Informasi mengadakan pertemuan dengan Bupati Cilacap. Dalam pertemuan itu disampaikan bahwa website OPD dan PPID utama Kabupaten Cilacap belum informatif. Sehingga tahun ini Komisi Informasi akan melakukan pantauan khusus terhadap seluruh website Pemkab Cilacap.

“Menyikapi itu, karena 2017 kemarin website OPD sudah hidup, admin juga sudah bisa mengupload data, sehingga tahun ini diharapkan kita siapkan informasi minimal yang wajib tercantum dalam website”, kata Sukaryanto.

Disebutkan, keterbukaan informasi publik diatur dalam UU Nomor 14 Tahun 2008. Mengingat pentingnya keterbukaan informasi dalam sistem pemerintahan, diperlukan adanya pengelolaan informasi yang baik dan terformat sehingga menjadi pedoman layanan publik, baik langsung maupun melalui media lain seperti email atau website. Hak masyarakat untuk memperoleh Informasi juga relevan untuk meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam proses pengambilan keputusan publik.

Kepala Seksi Pengelolaan Informasi dan Statistik Diskominfo Cilacap, Irianto Budi Raharjo menjelaskan, ada empat kriteria informasi dalam layanan publik. Yakni informasi berkala, setiap saat, serta merta, dan dikecualikan. Sejauh ini website OPD yang semula tidak aktif, sudah mulai hidup kembali. Hanya saja belum terkelola dengan baik, sehingga perlu penataan kembali dimana OPD yang bersangkutan perlu melengkapi informasi sesuai kriteria tersebut.

“Dalam waktu dekat kami juga akan menyelenggarakan bimbingan teknis pengelola website. Rencananya 24 – 25 April 2018 di Hotel Grand Liana, Kelurahan Kebonmanis Cilacap Utara”, pungkasnya.(dony/kominfo)


Powered by Kominfo Cilacap 2017
%d blogger menyukai ini: