logo
  • April 9, 2018
  • Berita
  • Komentar Dinonaktifkan pada 47 TIM DAYUNG MERIAHKAN DRAGON BOAT RACE FESTIVAL 2018

47 TIM DAYUNG MERIAHKAN DRAGON BOAT RACE FESTIVAL 2018

CILACAP – Sebanyak 47 tim dayung perahu naga mengikuti Dragon Boat Festival 2018. Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Bupati Cilacap Syamsul Aulia Rachman di Komplek Wisata Pantai Teluk Penyu Cilacap, Minggu (8/4/2018). Tim yang berlaga tidak hanya berasal dari Cilacap. Sejumlah tim dari luar daerah seperti Bekasi, DIY, dan Surabaya juga turut memeriahkan kompetisi tingkat nasional ini.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Cilacap, Murniyah, selaku Ketua Panitia Penyelenggara dalam laporannya menyampaikan, dari total 47 tim, 17 diantaranya merupakan tim pelajar. Sedangkan tim lokal yang turut ambil bagian sebanyak 13 tim, dan tim nasional sebanyak 17 tim. Ada dua kategori lomba yang dipertandingkan yakni pelajar lokal, dan nasional.

“Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Sabtu dan Minggu (7 – 8/4/2018) di Pantai Teluk Penyu Cilacap, mulai pukul 09.00 WIB”, kata Murniyah.

Murniyah menambahkan, Dragon Boat Race merupakan salah satu kegiatan dalam calender of event pariwisata di Kabupaten Cilacap. Selain Dragon Boat, sejauh ini Cilacap baru memiliki Gelar Budaya Sedekal Laut dan Festival Layang Layang yang terdaftar di tingkat Jawa Tengah. Kegiatan ini diselenggarakan untuk menggali potensi atlet dayung lokal agar mampu bersaing di tingkat regional, nasional, maupun internasional.

“Selain itu mensukseskan pilar ekonomi Bangga Mbangun Desa dengan meningkatkan pendapatan masyarakat di sekitar obyek wisata Teluk Penyu Cilacap”, tambahnya.

Sementara itu Ketua Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Cilacap, Paijan mengungkapkan, festival ini menjadi bagian penting untuk menjaring potensi atlet lokal. Nantinya atlet yang berbakat akan diikutsertakan dalam seleksi menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Tengah. Kegiatan ini juga merupakan sarana sosialisasi bagi para peminat olahraga air khususnya dayung.

Acara tersebut dihadiri jajaran Forkopimda, pejabat di lingkungan Pemkab Cilacap, perwakilan BUMN/BUMD, pengurus KONI Daerah Jawa Tengah, pengurus PODSI Jateng, Pengcab KONI Cilacap, dan tamu undangan lain. Wakil Bupati Cilacap Syamsul Aulia Rachman mengatakan, Dragon Boat Festival diselenggarakan untuk memeriahkan Hari Jadi ke – 162 Kabupaten Cilacap. Dirinya mengapresiasi semangat para peserta, terutama mereka yang berasal dari luar daerah untuk berkompetisi di Cilacap.

“Saya senang melihat adik – adik, badannya bagus – bagus bukan untuk gagah gagahan. Inilah pemuda pemuda jaman now. Salurkan kelebihan kalian untuk sesuatu yang bermanfaat, misalnya olahraga”, katanya.(dony/kominfo)


Powered by Kominfo Cilacap 2017
%d blogger menyukai ini: