PEMKAB CILACAP LENGKAPI SARPRAS PENDIDIKAN

CILACAP – Sektor pendidikan masih menjadi prioritas utama program kerja Pemkab Cilacap dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Cilacap Tahun 2017 – 2022. Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Bupati Cilacap Syamsul Aulia Rachman, beberapa waktu lalu. Sejumlah program telah dilaksanakan pada tahun 2017, meliputi pembenahan infrastruktur dan sarpras penunjang.

“Sasaran pembangunan di tahun kelima RPJMD 2012 – 2017 dilaksanakan melalui skala priortas pembangunan daerah yang merupakan upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat”, kata Syamsul.

Diterangkan, Pemkab Cilacap melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Cilacap telah menerapkan program leaderclass bagi 60 siswa berprestasi. Mereka merupakan siswa unggulan dari sejumlah sekilah di Kabupaten Cilacap yang mendapatkan pendidikan khusus dari Pemkab Cilacap. Dalam hal peningkatan sarpras penunjang, Pemkab telah membangun 79 unit lokal ruang kelas baru baik untuk tingkat PAUD, SD dan SMP.

“Peningkatan juga dilakukan melalui rehab ruang kelas SD dan SMP sebanyak 165 unit lokal, pembangunan sarpras SD dan SMP baik negeri maupun swasta sebanyak 39 lokal, dan pengadaan paket mebeler SD dan SMP sebanyak 102 paket”, tambahnya.

Pencapaian ini, menurut Syamsul patut diapresiasi mengingat keterbatasan anggaran daerah. Meski demikian, sejumlah sasaran yang belum tersentuh akan diakomodir secara bertahap. Untuk memenuhi kebutuhan dasar pendidikan, Pemkab Cilacap juga telah menyelenggarakan sekolah murah pada SD negeri yang mengakomodir 156 ribu siswa. Peningkatan kesejahteraan pendidik juga tak luput dari perhatian pemerintah.

“Pada 2017 ada 211 pendidik PAUD non formal yang mendapatkan insentif dari APBD Cilacap. Kami juga telah mengakomodir 5.178 orang pendidik dan tenaga kependidikan non PNS”, pungkasnya.(dony)

Open chat
1
Lapor Bupati Cilacap..... !
silahkan sampaikan keluhan anda !
seputar Infrastruktur dan
Layanan Masyarakat
Powered by
%d blogger menyukai ini: