logo
  • April 3, 2018
  • Berita
  • Komentar Dinonaktifkan pada MERIAHKAN HUT CILACAP, PEPADI GELAR WAYANGAN

MERIAHKAN HUT CILACAP, PEPADI GELAR WAYANGAN

CILACAP – Semarak peringatan Hari Jadi ke – 162 Kabupaten Cilacap tidak hanya terasa di ibukota kabupaten. Di Kecamatan Kesugihan, pengurus Persatuan Pedalangan Indonesia (PEPADI) Kabupaten Cilacap juga tak mau ketinggalan. Untuk menghibur masyarakat, Ki Dalang Warno dari Kecamatan Cimanggu unjuk kebolehan membawakan lakon Parto Kromo di Sanggar Tanjung Anom, Desa Pesanggrahan Kecamatan Kesugihan Cilacap, Jumat (30/3/2018) malam.

Ketua PEPADI Cilacap, Sutarwin mengungkapkan, pagelaran ini sengaja menampilkan dalang pemula guna memberi ruang ekspresi bagi yang bersangkutan. Pertunjukan ini nantinya bermanfaat sebagai media evaluasi, agar pertunjukan selanjutnya dapat lebih baik. Di akhir pertunjukan, penampilan Ki Dalang Warno juga mendapat evaluasi dan beberapa sentuhan dari sejumlah pengurus dan dalang senior. Terutama aspek antawacana, sabet, sanggit, dan penataan wayang di kelir.

“Selain untuk media silaturahmi PEPADI Cimanggu dan PEPADI Kesugihan, pagelaran ini juga ajang evauasi bagi dalang yang bersangkutan agar terus mengasah ketrampilannya”, kata Sutarwin.

Selain Sutarwin, acara ini juga dihadiri beberapa dalang senior sepertii Ki Suwar Adiprayitno, Ki Untung, Ki Suratman, dan Ki Muhaimin. Ketua Sanggar Tanjung Anom, Tuswan menyampaikan terimakasih kepada PEPADI Cilacap atas kepercayaan yang diberikan pada sanggar yang dipimpinnya dalam pementasan kali ini. Meski hanya didukung sarana prasarana sederhana, sanggar tersebut telah menyelenggarakan latihan pedalangan rutin tiap Senin dan Rabu malam.

“Sanggar ini terbuka bagi para dalang pemula sebagai tempat gladhen. Meski masih sederhana, di sini tersedia seperangkat gamelan, pengrawit, dan sinden”, kata Tuswan.(dony/kominfo)


Powered by Kominfo Cilacap 2017
1
Lapor Bupati Cilacap..... !
silahkan sampaikan keluhan anda !
seputar Infrastruktur dan
Layanan Masyarakat
Powered by
%d blogger menyukai ini: