logo
  • Maret 29, 2018
  • Berita
  • Komentar Dinonaktifkan pada 64 BUJANG SUNAT EKS DISTRIK KROYA DIKHITAN

64 BUJANG SUNAT EKS DISTRIK KROYA DIKHITAN

CILACAP – Rangkaian kegiatan dalam rangka peringatan Hari Jadi ke – 162 Kabupaten Cilacap terus bergulir. Setelah sebelumnya Pemkab Cilacap menyelenggarakan khitanan massal bagi anak – anak se – eks Distrik Sidareja dan Majenang di Ponpes El Bayan, kali ini kegiatan serupa digelar di Ponpes Al Ihya Ulumaddin, Kesugihan. Khitanan massal yang diikuti 64 bujang sunat tersebut dibuka oleh Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, Kamis (29/3/2018)

Camat Kesugihan Bambang Wijoseno 64 bujang sunat pada khitanan massal ini berasal dari wilayah kecamatan eks Distrik Kroya, ditambah Kecamatan Jeruklegi dan Kesugihan. Sebanyak 28 paramedis dari tiap UPT Pusekesmas terkait diterjunkan, dengan supervisi langsung ahli bedah dari RSUD Cilacap. Menurut Bambang, kegiatan ini merupakan perwujudan salah satu pilar Bangga Mbangun Desa, khususnya dalam bidang kesehatan.

“Ini merupakan wujud perhatian pemerintah daerah melalui program Bangga Mbangun Desa pada Pilar Kesehatan. Mudah – mudahan anak – anak kita semakin soleh, setelah dikhitan”, kata Bambang.

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji melalui sambutannya mengungkapkan, khitan massal yang menjadi salah satu acara dalam rangkaian peringatan Hari Jadi Cilacap, sengaja dipusatkan di Pondok Pesantren. Terlebih animo peserta di lingkungan sekitar Ponpes cukup besar. Bupati juga mengapresiasi pola pendidikan di Ponpes, yang turut mengutamakan pembentukan karakter. Pola semacam ini, menurut Tatto lebih relevan untuk menjawab tantangan kehidupan era globalisasi yang semakin kompleks.

“Kedepan ayo kita persiapkan anak – anak kita. Belajar itu penting tapi harus ada tambahan. Baik ilmu agamanya, bisnisnya, saya harap semuanya diberikan di Ponpes Al Ihya Ulumaddin”, kata Tatto.

Acara tersebut dihadiri oleh Ketua TP PKK Kabupaten Cilacap, Ny. Tetty Rohatiningsih, sejumlah pejabat di lingkungan Setda Cilacap, jajaran Forkopimda, Forkopimcam, kepala desa jajaran, serta orang tua dan wali peserta khitanan. Sebelum dikhitan, para bujang sunat terrsebut dikirab keliling lingkungan Ponpes menggunakan becak hias. Para peserta juga mendapatkan perlengkapan sekolah, baju koko, sarung, peci, sandal, dan uang saku.(

Sebelumnya kegiatan serupa diselenggarakan di Distrik Sidareja dan Majenang yang dibuka oleh Wakil Bupati Cilacap Syamsul Aulia Rachman di Pondok Pesantren El Bayan Majenang, Rabu (28/3/2018). Ada 125 bujang sunat yang mengikuti khitan massal. Mereka berasal dari 11 kecamatan. Yakni Kawunganten, Gandrungmangu, Sidareja, Kedungreja, Patimuan, dan Cipari. Kemudian Karangpucung, Wanareja, Majenang, Cimanggu, dan Dayaeuhluhur.(dony/kominfo)


Powered by Kominfo Cilacap 2017
%d blogger menyukai ini: