logo
  • Maret 27, 2018
  • Berita
  • Komentar Dinonaktifkan pada PEMKAB CILACAP SELENGGARAKAN MUSRENBANG RKPD 2019

PEMKAB CILACAP SELENGGARAKAN MUSRENBANG RKPD 2019

CILACAP – Pemerintah Kabupaten Cilacap menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD), di Gedung Graha Pemuda, Selasa (27/3/2018). Kegiatan dibuka Wakil Bupati Cilacap Syamsul Aulia Rachman, dihadiri jajaran Forkopimda, kepala dan perwakilan OPD, camat, stakeholder, serta akademisi. Hadir pula perwakilan Bappelitbangda Provinsi Jateng dan perwakilan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VII Semarang.

Pada Musrenbang kali ini, ada dua paparan yang disampaikan. Yakni pelaksanaan pekerjaan kebinamargaan tahun 2018 dan rencana 2019 dalam rangka pembangunan Jawa bagian Selatan oleh Kepala Bidang Perencanaan dan Pemantauan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VII Semarang. Kemudian paparan terkait arah kebijakan pembangunan daerah tahun 2019, disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap, Farid Maruf.

Kabid Perencanaan dan Pemantauan BBPJN VII Semarang, Apri Tartoto dalam paparanya menjelaskan, tahun ini ada beberapa paket kegiatan yang dilaksanakan. Antara lain preservasi rehabilitasi jalan batas Jawa Barat  Karangpucung – Wangon, rekonstruksi simpang tiga Jeruklegi, Cilacap – Slarang, Kesugihan – dan Sampang sepanjang 61 km senilai Rp 52 miliar. Paket lainnya, preservasi rekonstruksi Jl. Ajibarang Purwokerto – Buntu Banyumas yang akan segera dilakukan kontrak dalam waktu dekat.

“Ada pula kegiatan multi years yang pendanaannya melalui Suurat Berharga Syariah Negara (SBSN) 2018 – 2019, serta program Lintas Pantai Selatan yang didanai Loan Islamic Development Bank”, kata Apri.

Terkait alih trase Jalan MT. Haryono yang akan diokupasi Pertamina RI UV, Apri menjelaskan, saat ini pihaknya masih menunggu hasil penilaian Barang Milik Negara (BMN) oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN). Diharapkan hasilnya berimbang atau lebih besar dari jalan baru yang dibangun sehingga tidak menimbulkan persoalan baru. Alih trase ini akan berdampak terhadap kenaikan sebagian ruas jalan Juanda yang menghubungkan jalan baru dengan Jalan Nusantara menjadi jalan nasional.

“Jalan yang diokupasi Pertamina RU IV Cilacap sepanjang 3,05 km. Sampai kini kami masih menunggu penilaian BMN. Mudah mudahan hasilnya berimbang atau lebih besar dari jalan baru yang dibangun sehingga tidak ada permasalahan”, tambahnya.

Ciptakan Inovasi

Pada paparan yang kedua, Sekda Cilacap Farid Maruf menyampaikan, beberapa arah kebijakan pembangunan tahun 2019 antara lain integrasi proses perencanaan (e-planning) dengan e-budgeting serta meningkatkan kualitas belanja berbasis kinerja, serta mengutamakan belanja publik yang berdampak meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Memperhatikan urusan pemerintah yang menjadi tupoksi masing-masing, dengan tetap memperhatikan percepatan pembangunan nasional.

Meningkatkan keterbukaan informasi dan komunikasi publik dengan pelibatan seluruh stakeholder termasuk partai politik dan komunitas masyarakat berkebutuhan khusus/kelompok rentan. Meningkatkan pendapatan daerah melalui intensifikasi dan ekstensifikasi sumber pendapatan daerah. Meningkatkan inovasi dan kreasi dalam setiap program  dan kegiatan dengan  berdasar hasil penelitian dan pengembangan sebagai upaya terobosan dalam penanganan isu strategis pembangunan daerah.

“Dalam hal ini masing masing OPD supaya membuat minimal satu inovasi dalam rangka pencapaian RKPD yang akan kita buat di 2019”, tegas Farid.

Wakil Bupati Cilacap Syamsul Aulia Rachman saat membacakan sambutan Bupati Cilacap menyampaikan, Musrenbang RKPD Cilacap Tahun 2019 merupakan forum koordinasi dan konsultasi antara pemangku kepentingan untuk menyusun kegiatan, program, dan pembangunan daerah yang muara akhirnya adalah tersusunnya RKPD. Pada hakikatnya, ini merupakan penjabaran operasional tahun pertama dari RPJMD 2017 – 2022 yang kini rancanngannya telah disampaikan pada DPRD.

“Oleh karena itu, saya berharap kegiatan ini dilaksanakan sebaik baiknya dalam rangka mendukung suksesnya pembangunan di Kabupaten Cilacap”, kata Wabup.(dony/kominfo)


Powered by Kominfo Cilacap 2017
%d blogger menyukai ini: