logo
  • Maret 21, 2018
  • Berita
  • Komentar Dinonaktifkan pada BUPATI AJAK UNSUR PEMERINTAH DAERAH DUKUNG PEMBANGUNAN CILACAP

BUPATI AJAK UNSUR PEMERINTAH DAERAH DUKUNG PEMBANGUNAN CILACAP

CILACAP – Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Cilacap yang dilaksanakan hari Rabu (21/3/2018) menjadi salah satu acara rangkaian peringatan Hari Jadi ke – 162 Kabupaten Cilacap tahun 2018. Agenda tersebut dilaksanakan di ruang rapat lantai I dan II DPRD Cilacap, dihadiri segenap jajaran Forkopimda, anggota DPRD Cilacap, jajaran KPU dan Panwaslu Cilacap, dan ketua Parpol DPC Cilacap. Hadir pula Bupati Purbalingga, Tasdi, serta mantan Wakil Bupati Cilacap, Edy Santoso.

Rapat paripurna diawali pembacaan sejarah singkat Kabupaten Cilacap oleh Sekda Cilacap, Farid Maruf, dilanjutkan pembacaan Perda Nomor 6 Tahun 1992 Kabupaten Cilacap tentang penetapan Hari Jadi Cilacap oleh Sekretaris DPRD Cilacap Sumaryo. Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji dalam sambutannya mengajak segenap unsur pemerintah daerah untuk bersama sama membangun dan memajukan Kabupaten Cilacap.

“Kita menyadari bahwa di Kabupaten Cilacap  masih banyak persoalan yang belum teratasi. Misalnya angka pengangguran dan belum optimalnya pengelolaan sumber daya alam”, kata Tatto.

Lebih lanjut Tatto mengungkapkan, persoalan utama yang dihadapi kabupaten terluas di Jawa Tengah ini adalah infrastruktur. Beberapa tahun lalu kondisi infrastruktur di Cilacap sangat memprihatinkan. Namun berkat kerja keras dan koordinasi dengan semua pihak temasuk pemerintah pusat dan Provinsi Jawa Tengah, persoalan ini secara bertahap dapat teratasi. Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat, Pemkab Cilacap terus membangun sarpras yang menjadi kebutuhan publik.

“Tujuannya agar sarana prasarana publik yang sudah ada menjadi lebi representatif. Misalnya pembangunan Puskesmas, sekolah, dan fasilitas umum lainnya”, tambah Bupati.

Usai Rapat Paripurna Istimewa, kegiatan dilanjutkan dengan prosesi dan kirab lambang daerah Jalabhumi Wijayakusuma Cakti. Kirab diikuti segenap anggota DPRD Cilacap dengan rute start di halaman kantor DPRD Cilacap. Selanjutnya rombongan kirab berjalan menuju Alun alun Cilacap. Di sana, Bupati bersama segenap Forkopimda telah menanti rombongan. Sebelum penyerahan lambang daerah, tamu undangan dihibur tarian kolosal yang menggambarkan kebhinekaan di Kabupaten Cilacap.

Di tengah prosesi, Ketua DPRD Cilacap Taswan menyerahkan panji Jalabhumi Wijayakusuma Cakti kepada Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji. Selanjutnya, tamu undangan dan masyarakat yang hadir di Alun-Alun Cilacap dihibur tarian kolosal Jalungmas. Tarian ini memadukan unsur tari Jaipong Jawa Barat yang berkembang di wilayah Cilacap bagian barat, dan Calung yang berkembang di wilayah Cilacap bagian timur.

Setelah prosesi penyerahan lambang daerah, Bupati menyempatkan diri meninjau Pameran Produk UKM dalam rangka Musrenbangwil Provinsi Jateng, di area parkir komplek Sekretariat Daerah Cilacap. Pameran diikuti pelaku UKM dari wilayah Cilacap, Banyumas, Purbalingga dan Banjarnegara. Dalam pameran itu, tiap wilayah menampilkan produk unggulan masing-masing. Plt. Gubernur Jateng Heru Sudjatmoko, Kamis (22/3/2018) besok juga dijadwalkan hadir meninjau pameran tersebut, sekaligus memimpin Musrenbangwil Jateng.(dony/kominfo)

Foto : Penyerahan Panji Jalabhumi Wijayakusuma Cakti dari Ketua DPRD Cilacap kepada Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji sebagai representasi amanat rakyat pada pemerintah daerah.


Powered by Kominfo Cilacap 2017
1
Lapor Bupati Cilacap..... !
silahkan sampaikan keluhan anda !
seputar Infrastruktur dan
Layanan Masyarakat
Powered by
%d blogger menyukai ini: