logo
  • Maret 2, 2018
  • Berita
  • Komentar Dinonaktifkan pada 13 PUSKESMAS MASUK RENCANA PENGEMBANGAN HINGGA 2022

13 PUSKESMAS MASUK RENCANA PENGEMBANGAN HINGGA 2022

CILACAP – Sebanyak 13 Puskesmas masuk dalam prioritas pembangunan hingga tahun 2022. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap, Marwoto menjelaskan, prioritas tiap Puskesmas berbeda, mula dari rehabilitasi, pembangunan, hingga relokasi. Tujuannya untuk mewujudkan fasilitas kesehatan rawat inap sesuai standar, dan menjadi Puskesmas dengan Pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Dasar (PONED) untuk mengurangi angka kematian ibu hamil dan bayi.

“Kegiatan tahun ini yakni relokasi Puskesmas Dayaeuhluhur I, Karangpucung I dan Cilacap Utara II. Untuk Puskesmas Karangpucung merupakan kegiatan lanjutan tahun 2017”, kata Marwoto.

Sedangkan tahun 2019 meliputi relokasi Puskesmas Cilacap Utara II yang merupakan lanjutan kegiatan 2018, pembangunan Puskesmas Bantarsari. Kemudian pembangunan sekaligus relokasi Puskesmas Kesugihan I dan Gandrungmangu I, pembangunan Puskesmas Kroya I, serta rehabilitasi Puskesmas Sidareja sebagai lanjutan kegiatan 2017. Selanjutnya pada 2020 relokasi Puskesmas Jeruklegi I, dan pembangunan Puskesmas Jeruklegi II.

“Untuk tahun 2021 pembangunan diarahkan ke Puskesmas Majenang I dan 2022 untuk Puskesmas Cilacap Selatan I”, tambahnya.

Selain pembangunan puskesmas rawat inap, prioritas pembangunan bidang kesehatan lainnya yakni pembangunan Kampung Kesehatan. Yakni kawasan yang dilengkapi sarana prasarana kesehatan dasar dengan tenaga medis yang tinggal di desa. Masyarakat di dalamnya juga akan diarahkan agar memiliki inisiasi dalam pembangunan kesehatan yang memiliki pendekatan promotif dan preventif. Peningkatan perilaku hidup sehat, serta gerakan masyarakat hidup sehat berbasis keluarga.

“Pada 2022, setidaknya ada satu Kampung Kesehatan pada tiap kecamatan”, pungkasnya.(dony)


Powered by Kominfo Cilacap 2017
1
Lapor Bupati Cilacap..... !
silahkan sampaikan keluhan anda !
seputar Infrastruktur dan
Layanan Masyarakat
Powered by
%d blogger menyukai ini: