logo
  • Februari 28, 2018
  • Berita
  • Komentar Dinonaktifkan pada PEMKAB CILACAP GELAR UPACARA HUT DAMKAR, SATPOL PP, DAN SATLINMAS

PEMKAB CILACAP GELAR UPACARA HUT DAMKAR, SATPOL PP, DAN SATLINMAS

CILACAP – Pemadam Kebakaran, Satuan Polisi Pamong Praja, dan Satuan Pelindung Masyarakat (Satlinmas) wajib memberikan perlindungan kepada masyarakat pada Pilkada Serentak 2018. Hal itu ditegaskan Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji saat memimpin Upacara Peringatan Hari Jadi ke – 99 Pemadam Kebakaran di halaman Pendopo Wiayakusuma Cilacap, yang dikaitkan dengan HUT ke – 68 Satpol PP dan HUT ke – 56 Satlinmas.

“Sebagai bagian dari aparatur pemerintah, ketiga institusi ini berkewajiban  mensukseskan Pilkada Serentak, dengan tetap memegang teguh netralitas birokrasi dan pemerintahan“, tegas Bupati.

Dalam amanatnya Tatto menerangkan, sesuai Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, tugas Damkar adalah melakukan pencegahan, pengendalian, penyelamatan, dan penanganan bahan berbahaya beracun kebakaran, melakukan inspeksi dan investigasi kejadian kebakaran, serta pemberdayaan masyarakat. Dengan keahlian dan keterampilannya, Damkar harus mampu mengemban perannya dengan baik.

“Jajaran Damkar, Satpol PP, dan Satlinmas juga harus peka terhadap fenomena sosial dalam masyarakat, sehingga dapat melakukan antisipasi untuk menghindari dampak negatif yang mungkin terjadi”, tambah Bupati.

Lebih lanjut Bupati mengajak segenap unsur masyarakat untuk menyamakan persepsi terkait keberadaan Damkar. Bukan hanya sebagai institusi penjaga kota yang bertindak pasif, tetapi juga berperan aktif dalam proses pembangunan, melindungi hasil pembangunan, serta memberikan perlindungan yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Bupati berharap, dengan bertambahnya usia ini, ketiga institusi ini dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya masing-masing.(dony)


Powered by Kominfo Cilacap 2017
1
Lapor Bupati Cilacap..... !
silahkan sampaikan keluhan anda !
seputar Infrastruktur dan
Layanan Masyarakat
Powered by
%d blogger menyukai ini: