logo
  • Februari 13, 2018
  • Berita
  • Komentar Dinonaktifkan pada OPD DIMINTA KEMBANGKAN INOVASI LAYANAN PUBLIK

OPD DIMINTA KEMBANGKAN INOVASI LAYANAN PUBLIK

CILACAP – Seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) jajaran Pemerintah Kabupaten Cilacap diminta mengembangkan inovasi layanan publik sesuai bidangnya masing-masing. Hal itu ditegaskan oleh Asisten Sekda Cilacap Bidang Administrasi dan Umum, Indro Cahyono dalam Sosialisasi Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Kabupaten Cilacap Tahun 2018, di ruang rapat Jalabhumi Setda Cilacap, Rabu (7/2).

“Tiap OPD harus ada satu inovasi. Nanti kami pantau mana OPD yang tidak membuat inovasi layanan publik”, kata Indro.

Menurut Indro, dorongan ini disampaikan untuk menjamin tersedianya mekanisme yang akuntabel untuk menjaring praktik inovasi dan terobosan baru dalam penyelenggaraan pelayanan publik. Selanjutnya didiseminasikan, ditransfer, dan direplikasi ke unit layanan publik di lingkungan Pemkab Cilacap. Selain itu melalui sistem pembelajaran dan knowledge sharing ini, jumlah inovasi dari unit layanan publik di Cilacap semakin meningkat.

“Harapannya dapat mendorong  dan memberi inspirasi baru bagi pembina, penyelenggara dan pelaksana layanan publik untuk mempercepat upaya perbaikan dan peningkatan layanan secara berkelanjutan”, tambahnya.

Sementara itu Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Cilacap, Aris Munandar menjelaskan, berdasarkan evaluasi kegiatan serupa tahun lalu, ada beberapa catatan yang diberikan oleh tim penilai. Antara lain gambaran perbandingan kondisi sebelum dan sesudah inovasi diterapkan, dan keberlanjutannya.

“Catatan lainnya, inovasi di lingkungan Pemkab Cilacap dinilai hanya untuk memenuhi tuntutan regulasi, bukan karena eksplorasi. Misalnya layanan PATEN di kecamatan, itu diatur regulasi”, kata Aris.

Sebagai informasi, tema KIPP 2018 yakni “Inovasi Pelayanan Publik untuk Percepatan Mewujudkan Nawacita dan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan”. Ada empat kategori dalam KIPP 2018 yaitu tata kelola penyelenggaraan pelayanan publik yang efektif, efisien, dan berkinerja tinggi. Memajukan transparansi, akuntabilitas, dan integritas dalam pelayanan publik.

Selanjutnya kolaborasi dalam kegiatan pelayanan publik, serta pelayanan publik inklusif untuk memajukan kesejahteraan rakyat. Satu inovasi hanya dapat diajukan untuk satu kategori. Apabila dalam pelaksanaannya dapat memenuhi lingkup lebih dari satu kategori, maka wajib memilih salah satu kategori yang dominan. Infomasi lebih lanjut dapat diakses pada website Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi di laman www.menpan.go.id.(dony) 


Powered by Kominfo Cilacap 2017
1
Lapor Bupati Cilacap..... !
silahkan sampaikan keluhan anda !
seputar Infrastruktur dan
Layanan Masyarakat
Powered by
%d blogger menyukai ini: