logo
  • Februari 13, 2018
  • Berita
  • Komentar Dinonaktifkan pada MUNDUR, PEMBUKAAN TOL LAUT SELATAN MARET 2018

MUNDUR, PEMBUKAAN TOL LAUT SELATAN MARET 2018

CILACAP – Pembukaan program Tol Laut yang semula direncanakan pada Januari 2018 mundur. Adanya pergantian Direktur Jenderal pada Kementerian Perhubungan membuat pengoperasian Tol Laut harus dilakukan secara hati-hati. Selain itu, Dinas Perhubungan Kabupaten Cilacap saat ini masih mencari potensi muatan yang akan diangkut oleh kapal perintis yang beroperasi.

“Akan dilaunching pada bulan Maret 2018. Karena ada pergantian Dirjen, sehingga dengan beberapa kejadian proses lelang harus dilakukan ekstra hati-hati”, kata Tulus.

Proses lelang ini, lanjut Tulus dilakukan pada periode Januari dan ditargetkan selesai pada Februari. Beberapa pihak seperti PT. Holcim Indonesia, Tbk dan sejumlah pengusaha lokal telah menyatakan siap memanfaatkan program Tol Laut untuk distribusi logistik. Tol laut ini merupakan program yang diinisiasi Pemkab Cilacap, dengan koordinasi bersama 11 kepala daerah di pesisir selatan Jawa.

“Aturan dan regulasi sudah disiapkan. Leading-nya adalah Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP), pemda hanya sekedar support kepada masyarakat untuk memanfaatkan program ini”, tambahnya.

Diberitakan sebelumnya, untuk sementara Progam Tol Laut baru melayani pelayaran perintis dengan kapal berkapasitas 40 ribu ton dari Pelabuhan Cilacap hingga Pacitan dan Banyuwangi. Namun tidak menutup kemungkinan jalur pelayaran perintis ini akan terhubung ke beberapa wilayah di Pulau Bali seperti Buleleng dan Singaraja. Cilacap sendiri akan menjadi penghubung bagi pelabuhan-pelabuhan yang ada di pesisir selatan.

“Nantinya kita akan memberikan layanan dari Cilacap, Banyuwangi, Celukan Bawang Bali pulang-pergi, dengan waktu tempuh sekitar 14 hari. Jadi 14 hari sekali dilakukan perjalanan itu”, pungkasnya.(don_vy)


Powered by Kominfo Cilacap 2017
1
Lapor Bupati Cilacap..... !
silahkan sampaikan keluhan anda !
seputar Infrastruktur dan
Layanan Masyarakat
Powered by
%d blogger menyukai ini: