logo
  • September 11, 2017
  • Berita
  • Komentar Dinonaktifkan pada Cilacap Nominator Lomba Adhikarya Pangan Nusantara Tingkat Provinsi

Cilacap Nominator Lomba Adhikarya Pangan Nusantara Tingkat Provinsi

CILACAP – Kabupaten Cilacap masuk nominasi 6 besar Lomba Adhikarya Pangan Nusantara (APN) tingkat Provinsi Jawa Tengah 2017 kategori pelaku ketahanan pangan melalui optimalisasi pemanfaatan pekarangan. Dalam lomba ini, Cilacap diwakili Kelompok Tani Sekarwangi Desa Karangrena Kecamatan Maos Cilacap. 

Selasa (5/9/2017), tim verifikator dari Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jateng berkunjung ke Desa Karangrena Maos, untuk melihat kondisi faktual di lapangan. Tim penilai terdiri dari tiga orang, yakni Ir. Prawoto Adi R, Ir. Suhartono, dan Joko Sudarno S.T.P. Mereka meninjau rumah dan pekarangan milik 50 orang anggota Kelompok Tani Sekar Wangi, di Jalan Garuda RT 01 RW 02. 

Aspek-aspek yang dinilai tim verifikator, antara lain kegiatan pengembangan usaha produktif, untuk peningkatan kesehatan dan gizi masyarakat, administrasi dan pengelolaan kelompok tani, serta pemanfaatan dan perkembangan dana atau aset yang diterima.

Koordinator Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Maos Rokhmad Saifudin, S.P. mengatakan, “Jenis kemitraan usaha, prestasi dan penghargaan yang diperoleh di bidang ketahanan pangan, serta dokumentasi keberhasilan kegiatan juga dinilai oleh tim verifikator.”

Kepala Desa Karangrena Joko Suranto, sangat mengapresiasi keberhasilan Kelompok Tani Sekarwangi, yang berhasil menjadi nominator Lomba APN Provinsi Jateng. Desa Karangrena ada dua kelompok tani yang aktif, yakni Kelompok Tani Sekar Wangi dan Sekar Arum.

Program unggulan dalam kegiatan kelompok tani tersebut, antara lain budidaya berbagai tanaman pangan, serta pembuatan produk olahan dari bahan pangan alternatif berupa tepung mocaf.

“Saya sangat mendukung visi dan misi kelompok tani, terkait program peningkatan ekonomi di bidang pertanian. Kita berikan bimbingan terus menerus dan kita dukung segala hal”, imbuh Joko.

Acara  dihadiri oleh Kepala Dinas Pangan dan Perkebunan Cilacap, Susilan, Kasi Pemberdayaan Masyarakat Desa Kecamatan Maos, Koordinator Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Maos Rokhmad Saifudin, Kepala Desa Karangrena Joko Suranto, serta unsur Forkopimcam lainnya. 

Joko berharap keberhasilan Desa Karangrena sebagai nominator Lomba APN dapat mendorong desa lainnya, dalam mewujudkan ketahanan pangan melalui optimalisasi pemanfaatan pekarangan. Selain Cilacap, enam kabupaten lain yang masuk nominasi lomba APN yakni Klaten, Sragen, Banyumas, Magelang, dan Kendal.(don_vy)


Powered by Kominfo Cilacap 2017
%d blogger menyukai ini: