TANAMKAN NILAI-NILAI EDUKASI, SMP N 3 MAOS LAKUKAN CABUT PAKU DI POHON

CILACAP – Ada berbagai macam cara, untuk menanamkan nilai-nilai edukasi dalam kegiatan masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Salah satunya seperti yang dilakukan SMP Negeri 3 Maos Cilacap, Rabu (19/7/2017). Di hari terakhir pelaksanaan MPLS tahun ajaran 2017 – 2018, panitia setempat mengadakan kegiatan pencabutan paku pada belasan pohon di tepi Jalan Raya Maos, yang melibatkan seluruh peserta didik baru. Dalam kegiatan ini, para siswa membawa sejumlah perlengkapan yang diperlukan seperti martil, catut, dan sebagainya, untuk mencabut paku. Selain itu mereka juga memungut dan membersihkan sampah yang berserakan di sekitarnya.

Ketua Panitia MPLS SMP Negeri 3 Maos, Suhardi menjelaskan, hal ini dilakukan untuk memberikan edukasi pada siswa tentang pentingnya menjaga lingkungan alam, termasuk menjaga pohon agar tumbuh sehat. Sebab pihaknya sangat prihatin melihat banyak paku bekas pemasangan banner dan poster yang sudah rusak, yang masih tertancap di pohon. Beberapa diantaranya bahkan masih terdapat bambu bekas pemasangan poster, sehingga selain mengganggu tumbuh kembang pohon, hal ini juga merusak estetika lingkungan.

Suhardi menjelaskan bahwa, “Kami sengaja menyisipkan kegiatan ini untuk memberikan pemahaman cinta lingkungan pada siswa, termasuk di dalamnya merawat pohon agar dapat tumbuh dengan baik”,

Sementara itu Kepala SMP Negeri 3 Maos, Nuryanto saat dikonfirmasi menjelaskan, kegiatan MPLS dilaksanakan sejak Senin (17/7/2017), diikuti 192 siswa baru. Materi yang disampaikan antara lain kegiatan belajar mengajar, pengenalan sarana prasarana dan pendidikan karakter. Selain itu disampaikan pula materi tentang tata Upacara Bendera dan PBB, apresiasi seni, tata tertib sekolah, serta kegiatan OSIS. Untuk menyampaikan materi empat pilar kebangsaan dan cinta tanah air, serta bahaya Narkoba, melibatkan anggota TNI dari Koramil Maos.(don_vy)

Open chat
1
Lapor Bupati Cilacap..... !
silahkan sampaikan keluhan anda !
seputar Infrastruktur dan
Layanan Masyarakat
Powered by
%d blogger menyukai ini: