PEMKAB CILACAP LUNCURKAN PROGRAM GERMAS

CILACAP – Berdasarkan Surat Edaran Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap tanggal 22 Juni 2017, Pemerintah Kabupaten Cilacap melalui Dinas Kesehatan, pekan ini meluncurkan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Penggerakan massa dan kampanye pencanangan Germas dilaksanakan di minggu kedua bulan Juni 2017. Kepala Dinas Kesehatan Cilacap, Marwoto menjelaskan bahwa, untuk mendukung kegiatan tersebut, seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah ( SKPD) di jajaran Pemkab Cilacap, diwajibkan ikut berpartisipasi sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing.

Menurut Marwoto, Germas bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan masyarakat, untuk berperilaku hidup sehat dalam rangka meningkatkan kualitas hidup. Adapun kegiatan utama yang dilakukan yakni peningkatan aktivitas fisik, peningkatan perilaku hidup bersih dan sehat, serta penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikiaan gizi, peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit, peningkatan kualitas lingkungan, serta peningkatan edukasi hidup sehat.

Secara spesifik, lebih utama untuk mencegah angka kesakitan di masyarakat. Sehingga bukan suatu kebanggaan bila puskesmas banyak pasien, meski fasilitas Puskesmas kini mulai ditingkatkan. Sebab kualitas kesehatan masyarakat masih perlu ditingkatkan, lanjut Marwoto

Germas dilakukan melalui beberapa fokus kegiatan. Pelaksaan tahun ini, fokus kegiatan berupa, melakukan aktivitas fisik, meningkatkan konsumsi buah dan sayur, serta pemeriksaan kesehatan berkala. Program Germas merupakan momentum yang tepat untuk menggerakan masyarakat dalam berperilaku hidup sehat.

Selain itu melalui program ini diharapkan mampu menggali dan mengenali sumber daya, potensi serta kearifin lokal yang dimiliki masyarakat, sehingga terwujud pola hidup sehat.(dvi)

Open chat
1
Lapor Bupati Cilacap..... !
silahkan sampaikan keluhan anda !
seputar Infrastruktur dan
Layanan Masyarakat
Powered by
%d blogger menyukai ini: