logo
  • Oktober 10, 2019
  • Berita
  • Komentar Dinonaktifkan pada Lagi, Diskominfo Cilacap Dapat Hibah Tiga Menara Telekomunikasi

Lagi, Diskominfo Cilacap Dapat Hibah Tiga Menara Telekomunikasi

CILACAP – Layanan internet di Kabupaten Cilacap bakal semakin mantap dengan tambahan tiga menara telekomunikasi dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Cilacap. Sehingga, total menara yang dihibahkan kepada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cilacap sebanyak 27 unit.

Kegiatan ini merupakan salah satu program Proyek Perubahan yang disusun oleh Kepala Diskominfo Kabupaten Cilacap. 24 menara berada di kantor kecamatan. Sedangkan tiga lainnya berada di Dayaeuhluhur, Desa Rungkang Gandrungmangu, Kantor Disdukcapil Kabupaten Cilacap.

Kepastian tersebut disampaikan Kepala Diskominfo Kabupaten Cilacap, Drs. M. Wijaya, M.M setelah berkoordinasi dengan Kepala Disdukcapil Kabupaten Cilacap, Kamis (10/10/2019). Surat permohonan hibah juga telah disampaikan kepada Bupati dan Sekda Cilacap.

“Surat dari Pak Bupati lewat Sekda sudah turun ke Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Cilacap. Kita sudah koordinasi kesana, dan serah terimanya sudah clear, tidak ada masalah”, kata Wijaya.

Sejumlah provider yang tergabung dalam Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI) juga menaruh minat terhadap pemanfaatan menara tersebut. Salah satunya yakni PT. CMI Teknologi, yang siap menjalin kerjasama pemanfaatan menara dengan sistem sewa.

“Dari hasil rapat kita dengan ATSI di Gedung Permata Kuningan Jl. Kuningan Mulia Jakarta tanggal 8 Oktober kemarin, ada beberapa provider yang berminat. Yang benar benar ingin memanfaatkan itu CMI”, jelasnya.

Menara menara tersebut sebelumnya digunakan untuk kegiatan perekaman data KTP elektronik. Sebagian yang lain digunakan sebagai tower penguat agar dapat menjangkau pelosok wilayah. Namun saat ini perekaman data KTP elektronik telah dilakukan secara digital dan fungsional.

Sehingga keberadaan menara tersebut belum termanfaatkan kembali. Setelah serah terima aset, Diskominfo Cilacap akan menjalin kerjasama dengan pihak ketiga untuk memperlancar akses internet. Langkah ini juga mengawali upaya pembangunan Mall Pelayanan Terpadu di Kabupaten Cilacap.

“Dengan Mall Pelayanan Terpadu, semua perizinan nantinya menggunakan media digital khususnya platform android. Sehingga masyarakat dapat mengurus perizinan online, dengan cara kita memperkuat akses internet di seluruh Kabupaten Cilacap”, pungkasnya.(dn/kominfo)

Foto : Salah satu menara KTP elektronik yang berada di Kantor Kecamatan Cilacap Selatan. Menara ini akan dimanfaatkan sebagai BTS jaringan komunikasi.


Powered by Kominfo Cilacap 2017
1
Lapor Bupati Cilacap..... !
silahkan sampaikan keluhan anda !
seputar Infrastruktur dan
Layanan Masyarakat
Powered by
%d blogger menyukai ini: