logo
  • Juli 6, 2019
  • Berita
  • Komentar Dinonaktifkan pada Kabupaten Cilacap Tampilkan Lengger Calung Dalam Seleksi FK Metra

Kabupaten Cilacap Tampilkan Lengger Calung Dalam Seleksi FK Metra

CILACAP – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cilacap mengikuti Seleksi Pertunjukan Rakyat Forum Komunikasi Media Tradisoonal (FK Metra) Tingkat Jawa Tengah tahun 2019 yang diselenggarakan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora, Jumat (5/7/2019).

Kabupaten Cilacap menampilkan Lengger Calung Dharma Laras dengan mengangkat lakon Lengger Dhower Gawe Geger, yang menceritakan seorang lengger yang menyebarkan berita hoax sehingga membuat geger masyarakat.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh FK Metra Provinsi Jawa Tengah ini diikuti oleh 6 kelompok perwakilan dari Kabupaten/Kota yaitu Kabupaten Cilacap, kabupaten Pekalongan, Kabupaten Kendal, Kabupaten Sragen, Kota Tegal dan Kabupaten Blora sebagai tuan rumah.

Dalam sambutanya, Kepala Bidang Informasi dan Komunkasi Publik (Kabid IKP) Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Provinsi Jawa Tengah, Setyo Irawan mengatakan, kegiatan seleksi tingkat provinsi ini merupakan seleksi ke lima yang sebelumnya telah diselenggarakan di beberapa kota di Jawa Tengah.

Kegiatan seleksi ini tujuan utamanya bukan untuk menjadi juara tetapi lebih utama untuk membangkitkan kesenian yang ada di daerah dan sebagai media sosialisasi pembangunan, isu strategis dan desiminasi serta sebagai filterisasi pengaruh budaya asing.

“Melalui media tradisional ini akan lebih efektif dan mudah nyantol di masyarakat, khususnya di tingkat grass road, daripada menghadirkan Profesor untuk acara seminar atau sarasehan, namun melalui pertunjukan rakyat akan lebih efektif,” jelas Setyo Irawan.

Lebih lanjut dijelaskan, seleksi yang diadakan di Blora ini merupakan seleksi lanjutan dimana sebelumnya sudah gelar di Temanggung, Salatiga, Batang dan Solo. Selanjutnya akan digelar di Purbalingga pada tanggal 7 Juli 2019.

Pihaknya berharap agar eksistensi dan seleksi FK Metra tidak hanya di tingkat kabupaten saja, tetapi juga merambah ke tingkat kecamatan.

Hal senada dikatakan Sekretaris Daerah Kabupaten Blora Komang Gede Irawadi terkait seleksi FK Metra di tingkat Kecamatan.

Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Blora, Komang Gede Irawadi membacakan sambutan Bupati Blora Djoko Nugroho.

Dalam sambutannya Bupati Blora mengapresiasi kegiatan seleksi pertunjukan rakyat FK Metra, karena komunikasi yang menggunakan media tradisional memiliki peran penting dalam masyarakat. Selain pesan dapat tersampaikan dengan baik, juga menjadi media pendidik, alat pengendali sosial, serta tersampaikannya nilai-nilai budaya secara langsung.

“Dalam pertunjukan rakyat, biasanya menggunakan bahasa daerah setempat, sehingga informasi yang disebarluaskan melalui media tradisional ini mudah dipahami oleh masyarakat,” ungkapnya.

Hanya saja, kekurangan media tradisional terletak pada ketidakmampuan menjangkau ruang dan waktu secara luas yang sering dianggap komunikasi tidak efektif.


Powered by Kominfo Cilacap 2017
%d blogger menyukai ini: